MyINFRARED family

25.7.14

Kalibrasi Fokus Kamera Oprekan

Kamera yang dioprek menjadi kamera infrared ataupun kamera falsecolor harus dikalibrasi terhadap sebuah lensa yang digunakan. Ini diperlukan karena terjadi perubahan titik fokus lensa setelah dilakukan penggantian hot mirror dengan sebuah filter.

Kalibrasi body kamera terhadap sebuah lensa berlaku hanya untuk lensa tersebut, dan kemungkinan besar tidak cocok terhadap lensa lain. Yang dimaksud dengan lensa lain adalah lensa dengan merek lain, atau dengan tipe lain. Sebagai contoh, lensa Nikon 18-55mm berbeda dengan lensa Tamron for Nikon 18-55mm, atau lensa Nikon 50mm f1,8 berbeda dengan lensa Nikon 50mm f1,4.

Kamera oprekan yang telah dikalibrasi untuk lensa Nikon 18-70mm f3,5-5,6 akan memiliki fokus yang baik dan tajam bila menggunakan lensa Nikon 18-70mm f3,5-5,6. Namun bila kamera tsb. menggunakan lensa selain lensa Nikon 18-70mm f3,5-5,6, maka fokus kemungkinan besar kurang tajam.

Karena itulah pada saat mengirim kamera untuk dioprek ke Bandung, sebaiknya lensa yang paling sering dipakai juga disertakan. Kalibrasi body akan dilakukan terhadap lensa tersebut.